Jumat, Februari 18, 2011
0
PADANG - Fenomena alam halo matahari (pelangi mengelilingi matahari) kembali terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat.

Fenomena halo matahari ini terjadi sekira pukul 12.00 WIB. Warga yang melihat fenomena alam ini menjadi ketakutan. Pasalnya warga mempercayai fenomena alam ini merupakan pertanda akan datang gempa besar seperti kejadian dulu.

Dari Pantauan Okezone di sekitar Kelurahaan Parak Rumbio, Kecamatan Padang Selatan puluhan warga keluar rumah melihat kejadian ini.

"Ya ini kami takut, pak. Waktu tahun 2010, fenomena alam ini muncul, ternyata bencana gempa dan tsunami timbul di Mentawai di bulan Oktober tahun lalu," ungkap Rina (30) warga Kampung Nias, Kelurahan Parak Rumbio Padang pada Okezone di jalan Kampung Nias I, Kamis (17/2/2011)

Lanjut Rina, dua hari setelah fenomena alam ini muncul, lalu terjadilah gempa.

"Mudah-mudahan tak ada (gempa) pak," tuturnya dengan mimik kecemasan.

Namun Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Dedi Henidal mengatakan, ini fenomena alam biasa, tidak perlu ditakutkan karena tidak ada pengaruh antara halo matahari dengan gempa bumi.

"Ini tak ada pengaruhnya dengan alam. Ini hanya fenomena biasa saja, dimana sekitar matahari ada awan hitam sehingga menimbulkan pelangi," ujarnya.

Jadi kata Dedi tak perlu kawatir, selain itu kondisi alam seperti ini sudah terjadi di hari-hari sebelumnya, jadi tidak hanya pada hari ini saja.

"Malam juga ada halo bulan dan siang halo matahari ini terjadi sudah beberapa hari jadi tak perlu dikawatirkan, fenomena alam ini tidak perlu di cemaskan, yang perlu di perhatikan, jangan terpengaruh isu-isu," katanya.

Selain itu Dedi juga memberikan himbauan kepada warga untuk menjaga arus pendek dan dapur dengan kondisi yang panas ini sangat rawan kebakaran.

sumber : okezone

0 komentar: